Balkon merupakan salah satu spot rumah untuk mencari inspirasi atau sekadar berbincang-bincang santai dengan keluarga maupun teman. Tidak peduli seberapa besar ukuran balkon, asal kamu dapat menambahkan dekorasi yang pas pada balkon, tidak perlu jauh-jauh pergi ke kafe untuk mendapatkan waktu santai berkualitas.

Menciptakan suasana baru dan nyaman pada balkon rumah atau apartemen nggak sulit lho, kamu bisa menerapkan beberapa desain dan nuansa dari beberapa ide dekorasi berikut:

Balkon Minimalis

Bagi kamu yang ingin memiliki balkon tanpa banyak perabotan atau dekorasi, desain minimalis ini dapat kamu terapkan. Desain minimalis yang umumnya didominasi dengan warna hitam, abu-abu dan putih, membuat balkon terlihat lebih luas sekaligus elegan. Perpaduan antara kursi besi dan meja besi sangat cocok untuk ditempatkan di balkon minimalis. Tanaman-tanaman mini juga bisa kamu taruh untuk mencerahkan suasana.

Warna Hijau Pada Balkon Baik Untuk Membantumu Relaksasi

Ide ini cocok dengan para pecinta tanaman dan bagi mereka yang memiliki balkon terbuka. Dengan menambahkan beberapa vas bunga dan tanaman kecil di sekitar pagar balkon. Tanaman merambat menjadi salah satu pilihan yang pas untuk memberikan kesan bangunan Eropa. Kamu bisa memasang karpet rumput supaya balkon kecil tetap terlihat asri. Tambahkan beberapa furniture esensial seperti meja dan kursi kayu untuk kesan natural.

Balkon Nuansa Pantai Di Musim Panas

bilang suasana pantai setiap hari tidak mungkin? Suasana pantai ini dapat diterapkan di balkon kecil dengan satu hammock, kursi kayu lipat dan beberapa bantal dekorasi. Alternatif lain adalah mengganti hammockdengan kursi gantung. Jika balkon tidak memiliki langit-langit, kursi gantung ayunan yang menggantung pada tiang kursi bisa dipakai.

Balkon Putih Gading Ala Boho

Putih gading ala boho dapat membuat balkon terlihat lebih luas dan juga membantu pencahayaan dari luar balkon. Hiasi balkon dengan sofa bed serta karpet bulu berwarna cerah seperti gading atau krem. Jangan lupa permanis dengan dekor ruangan seperti macrame. Dekorasi ini cocok untuk balkon yang tidak memiliki langit-langit.

Warna Warni Ala Balkon Hippie

Warnai balkon kecil dengan corak dan pola ala hippie. Umumnya balkon berada di luar ruangan dan tidak tertutup, jadi kamu bisa memakai lantai vinyl dengan berbagai motif sebagai alas dari balkon. Ini merupakan alternatif yang tepat kalau kamu tidak mau memakai karpet atau alas kain. Pada dinding balkon, permanis dengan kehadiran hiasan dinding favoritmu.

Balkon Ala Pedesaan yang Menenangkan

Rumahmu berada di tengah kota atau berada di sebuah perumahan yang bernuansa modern, namun ingin merasakan nuansa desa? Gampang kok! Hiasi lantai balkon dengan kombinasi warna putih dan abu-abu. Jangan lupa hiasi pinggiran balkon dengan beberapa pot bunga atau tanaman untuk kesan asri. Berikan lampu kecil pada balkon ya agar balkon tidak terlalu gelap saat malam hari.

Balkon Skandinavia untuk Bersantai di Sore Hari

Tambahkan sofa  atau bean bag empuk, disarankan untuk membeli bean bag yang mudah dibawa ke dalam rumah agar dapat dimasukkan saat hujan. Tambahkan meja kecil lipat yang dapat digunakan dimana saja, pas sekali kan untuk menemani suasana rileks sore hari sambil menikmati secangkir kopi atau teh?

Balkon ala kafe

Malas keluar rumah atau apartemen? Sekarang kamu dapat menciptakan kafe di balkon rumah atau apartemen. Mulai dengan menambahkan meja tempel pada pagar balkon, penempatan meja tempel disarankan menghadap ke luar pagar balkon agar kamu bisa memulai hari sambil menikmati pemandangan di luar. Tambahkan juga meja dan kursi gaya industrial untuk kesan desain interior kafe di rumahmu.

Ruang Baca Luar Ruangan dengan Balkon

Tempatkan rak buku kecil dan sebuah sofa dua dudukan yang nyaman. Kalau kamu menyukai suasana yang lebih santai, kamu bisa menggantinya dengan kursi malas. Taruh rak buku dekat dengan jangkauan, menambahkan coffee table dengan warna senada juga sangat disarankan. Dengan begitu, suasana bersantai bisa jadi lebih nyaman dan menambah energimu.

Fine dining di Balkon Ala Champs-Élysées

Fine dining tidak harus selalu di restoran mahal, kamu bisa mendapatkannya di balkon kecil. Misalnya, kamu bisa memadukan lampu LED atau lampu gantung bulat plus meja makan kecil di balkon. Nikmati suasana makan malam yang klasik ala restoran-restoran Perancis.

Barbekyu Kecil-Kecilan di Balkon

Tidak memiliki perkarangan bukan jadi halangan untuk acara barbekyu bersama teman dan keluarga. Tempatkan alat panggang portable dan kursi lipat kecil untuk berduduk santai saat menunggu panggangan selesai. Kamu juga dapat menanam sayuran ke dalam pot-pot kecil lho. Selain mempercantik balkon, punya kebun sayuran sendiri bisa menghemat pengeluaran dibanding harus membeli sayuran ke toko. Seru bukan?

Dari 11 dekorasi balkon di atas, yang mana yang nggak sabar kamu coba? Jangan lupa kalau kamu nggak perlu repot mencari perabotan atau dekor yang tepat buat rumahmu.