Ternyata, desain rumah indah nan menawan bukan hanya sekadar imajinasi yang selama ini hanya dapat dibaca di dongeng-dongeng.  Di beberapa belahan dunia, kastil-kastil yang sangat indah nan eksotis benar-benar ada dan masih berdiri kokoh. Château de Sully salah satunya. Kastil yang terletak di antara Autun dan Beaune, di selatan Burgundy, Perancis ini terlihat megah layaknya desain rumah di negeri dongeng. Desain rumah ini terlihat menawan di sepanjang waktu.

Perancis memang dikenal denganbangunan cantik dan bersejerahnya. Berlokasi tidak jauh dari pusat kota Perancis, bangunan ini berasal dari akhir abad ke-14. Desain rumah yang dikelilingi oleh sungai kecil ini merupakan tempat tinggal Amelie, Duchesse de Magenta bersama keluarga.

Sungai kecil yang berada di sekitar kastil semakin menambah keunikan dan keistimewaan desain rumah ini. Sungai itu juga digunakan untuk mempersulit penyerang mencapai pintu gerbang.

Kastil juga dikelilingi tembok kuat sebagai bagian pertahanan. Desain rumah ini merupakan bangunan abad pertengahan yang terpelihara dengan baik. Desain rumah ini dibuat oleh arsitektur Nicolas Ribonnier dengan gaya Renaissance.

Arsitektur Renaissance sendiri adalah arsitektur pada periode antara awal abad ke-15 sampai awal abad ke-17 di wilayah Eropa, ketika terjadi kelahiran kembali budaya klasik —terutama budaya Yunani kuno dan budaya Romawi kuno. yang disebut Renaisans.

Rerumputan hijau menghampar indah di bagian depan desain rumah ini berpadu dengan beragam tumbuhan lainnya. Dari halaman ini kamu bisa menikmati suasana sunset yang indah dengan latar desain rumah yang megah.

Kemegahan desain rumah ini bukan hanya terletak pada ukuran komplek bangunan yang besar saja, tapi juga desain dan gaya arsitektur yang ditampilkan. Penerapan konsep simetri yang kuat menonjol dalam desain rumah ini.

Bagian luar bangunan ini tidak dihiasi dengan hiasan-hiasan arsitektur atau dekoratif. Kontras dengan interiornya yang megah dan melambangkan keagungan. Selain itu desain rumah ini tidak memiliki facade bagian luar ataupun pintu gerbang.

Pintu utama desain rumah ini cenderung diletakkan di tengah dengan banyak jendela. Pintu depan yang dicat dengan warna biru, sangat kontras dengan desain rumah yang mempertahankan warna aslinya. Pintu tersebut juga semakin menambah keindahan dan kemewahan desain rumah ini.

Desan rumah ini menjulang tinggi, tampak kokoh dan dengan mempertahankan warna eksterior maupun interior dengan sentuhan warna kelam, tidak cerah. Namun, desain rumah dengan warna ini memberi kesan keeksklusifan tersendiri.

Nuansa megah makin terasa tatkala kamu masuk ke dalam kastil ini. Berada di dalam kastil ini membuatmu seakan sedang berada di negeri dongeng. Kemegahan desain rumah ini ditunjang dengan kamar tidur yang tak terhitung jumlahnya. Selain itu kamar-kamarnya juga tertata rapi dan terlihat indah.

Desain rumah ini kaya akan elemen dekoratif berupa ukiran atau skulptur, relik, serta lukisan-lukisan serta hiasan dinding yang melambangkan karakter-karakter atau hasil interpretasi sosok manusia.

Desain rumah ini memiliki ornamen yang “berbicara” di setiap sudut ruangannya. Ornamen tersebut sengaja dibuat menonjol sehingga tampak kuat dominasi bangunan. Penggunaan warna cat seperti putih, broken white, ivory, dan beige memberikan kesan anggun, elegan, dan hangat pada desain rumah seperti ini.

Di bagian dalam kastil ini juga terdapat beberapa koleksi lukisan. Desain rumah ini akan menyihir siapa saja yang memasukinya dengan keindahannya. Apalagi beberapa furnitur koleksi resmi kastil dimanfaatkan dan ditata rapi di setiap sudut ruangan. Kamu bisa menikmati keindahan desain interior kastil yang bernilai seni tinggi.

Pada ruangan besar yang dulunya digunakan sebagai tempat pertemuan, diletakkan permadani di lantainya. Dekorasi interior rumah semakin tampak jelas dengan penempatan lampu gantung besar di atasnya. Nuansa serta atmosfer hangat di dalam ruangan juga terasa dari desain rumah ini.

Furnitur bergaya klasik seperti lampu mewah berdesain cantik seperti lampu kristal gantung yang dipajang di beberapa ruangan. Berpadu dengan desain jendela dan pintu yang mengandung elemen ukiran cantik nan mewah.

Desain rumah ini juga tak mengubah struktur ruangannya. Sebuah kamar tidur mewah dengan nuansa cerah memanjakan sang penghuni rumah. Desain headboard yang memiliki corak seperti wallpaper dindingmelengkapi tampilan mewah kamar tidur ini. Sebuah kamar tidur klasik yang benar-benar cantik.

Melihat kamar tidur ini membuatmu merasakan bagaimana rasanya jadi keluarga bangsawan yang tidur di kamar mewah. Siapa yang tidak ingin beristirahat di kamar tidur dengan desain mewah dan suasana yang glamor seperti ini kan? Peletakan cermin besar sebagai hiasan dekorasi dapat memberikan kesan lebih luas pada desain rumah ini. Koridor-koridor cantik serta ruangan tidur berdekorasi klasik menambah pesona desain rumah ini.

Tangga melingkar khas bangunan kastil zaman dahulu juga masih berdiri kokoh. Bagian tangga pun dieksplorasi dengan desain yang sangat berkelas dan belum tentu sama pada setiap bangunan. Mengelilingi bangunan ini meningkatkan sensasi kemegahan dalam desain rumah yang memiliki nilai sejarah ini. Suasana negeri dongeng kian terasa nyata.

Perabotan ditata dengan tema tertentu di setiap sudut ruangan. Desain rumah ini juga tetap mempertahankan keberadaan perapian. Agar tak terlihat membosankan, sebuah lukisan klasik dipasang di tembok perapian. Tak ketinggalan meja kerja diletakkan di depannya membuat ruangan tak terasa kosong dan membosankan. Dinding kayu dengan ukiran menambah kesan glamor yang semakin terasa dalam desain rumah ini.

Desain rumah ini memiliki barisan kolom-kolom untuk memperkokoh bangunan. Kolom adalah sebuah struktur pendukung bangunan yang terdiri dari fondasi bawah, tiang, dan bagian atas. Struktur kolom ini digunakan untuk kepentingan yang fungsional sekaligus estetika.

Semua bagian interior dieksplorasi dengan desain yang disesuaikan terhadap bentuk bagian itu sendiri. Desain rumah ini memadupadankan unsur klasik furniture terhadap warna dan seni dekorasi.

Desain rumah ini menyajikan nuansa abad pertengahan dengan arsitekturnya yang mempesona. Gaya klasik desain rumah ini juga menjadi simbol kemapanan sang pemiliknya.

Manfaat lain yang didapat dari mempertahankan nuansa klasik dalam desain rumah ini adalah Amalie dapat membukanya untuk umum. Kurang lebih 25.000 pengunjung mendatangi desain rumah megah ini setiap tahunnya. Selain itu, beberapa perayaan serta acara makan malam juga pernah digelar. Mengingat desain rumah ini tetap klasik dan megah, tak heran jika bangunan ini menarik siapa saja yang melihatnya.

Selain itu, sambil menikmati desain rumah yang menawan, pengunjung juga bisa mempelajari sejarah Perancis pada masa lalu. Apalagi, Amelie juga menyediakan beberapa acara menarik setiap harinya. Pengunjung juga dapat menikmati wine langsung dari perkebunan di dekat kastil indah ini.

Desain rumah ini berkaitan dengan sejarah keluarga MacMahon dari pernikahan pewaris Charlotte de Morey dengan Jean-Baptiste de MacMahon. Sully adalah tempat kelahiran Marsekal Patrice MacMahon, duc de Magenta, yang merupakan Presiden Republik Ketiga Prancis Dari tahun 1873 sampai 1879. Desain rumah ini dibangun antara tahun 1570-1610.