Hampir setiap orang bermimpi mempunyai rumah pribadi untuk ditempati oleh seluruh anggota keluarga secara nyaman dan aman dalam jangka panjang. Terdapat sejumlah hal yang wajib kamu lakukan sebelum membeli rumah. Lantas, apa saja sih tips membeli rumah yang bisa kamu lakukan supaya tidak menyesal di kemudian hari? Untuk lebih lengkapnya, simak tips membeli rumah berikut ini!

Tips Membeli Rumah Sesuai Kondisi Keuangan

Tips membeli rumah pertama, hindari terlalu bernafsu untuk membeli rumah di luar kondisi keuangan dan mulailah berpikir realistis untuk membeli hunian dengan tipe sesuai budget. Jika kamu memaksakan diri untuk menabung demi membeli rumah mewah berharga fantastis, terdapat kemungkinan bahwa uangmu tak akan pernah terkumpul. Oleh sebab itu, jangan tunda rencana kamu membeli rumah saat uangmu cukup karena harga properti setiap tahunnya mengalami kenaikan.

Tips Membeli Rumah dengan Pertimbangkan Kualitas

Tips membeli rumah selanjutnya adalah mempertimbangkan kualitas properti. Untuk itu, silahkan luangkan waktu untuk melakukan survey dan mengetahui kiprah pengembang di dunia properti sebelum memutuskan untuk mengambil sebuah unit. Lebih baik lagi, pilihlah pengembang yang memiliki kredibilitas baik karena meskipun menawarkan harga rumah lebih mahal, namun kamu bisa mendapatkan kualitas rumah lebih unggul baik dari segi spesifikasi, penggunaan material bangunan maupun kualitas pengerjaan rumah.

Pertimbangan Lokasi

Selanjutnya terdapat tips membeli rumah dengan pertimbangan lokasi mengingat saat ini ada banyak pengembang kenamaan yang meluncurkan perumahan murah di pinggiran kota. Jika jarak ke kantor atau sekolah anak bisa ditempuh dengan akses yang mudah seperti adanya ketersediaan jalan tol, maka tak ada salahnya untuk mengambilnya.

Jika terpaksa harus membeli rumah di pusat kota dengan harga tinggi, ada baiknya tidak terburu-buru mengambil keputusan. Di sini, kamu bisa melakukan perbandingan harga melalui internet, pameran, majalah properti atau menggunakan jasa broker. Tips membeli rumah tambahan, kamu juga bisa melakukan pembelian saat awal peluncuran perumahan karena biasanya harga yang ditawarkan jauh lebih terjangkau.

Tips Membeli Rumah Melalui KPR

Tips membeli rumah lainnya berlaku jika keuanganmu belum cukup untuk dipakai membeli rumah secara tunai. Tak perlu bingung, kini kamu diberikan opsi untuk membeli rumah melalui Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Namun, ada sejumlah hal yang wajib kamu perhatikan saat mengambil KPR seperti menghitung suku bunga secara rinci dan menghitung total uang muka yang harus kamu bayarkan.

Produk KPR semakin beragam karena selain KPR dari bank konvensional, terdapat pula produk KPR Sejahtera dan KPR Syariah, di mana masing-masingnya memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri sehingga kamu tinggal menyesuaikannya menurut kebutuhan.

Memeriksa Lingkungan Rumah

Perlu kamu ingat, rumah yang kamu beli akan digunakan dalam jangka panjang bersama keluarga. Untuk itu, kamu harus melakukan tips membeli rumah dengan memeriksa lingkungan hunian secara detail supaya kamu dan keluarga selalu nyaman dan aman. Selain pertimbangan lokasi dan tipe rumah, hunian yang kamu pilih juga harus memiliki jaminan keamanan, bebas banjir, akses jalan raya yang layak dan pertimbangan fasilitas pendukung seperti pasar, sekolah, maupun rumah sakit.

Memeriksa Legalitas

Legalitas rumah sangatlah penting sehingga tak menemukan masalah di masa depan. Untuk itu, Kania memberikan tips membeli rumah untuk memeriksa dokumen rumah secara menyeluruh dengan membawa sertifikat ke BPN, kantor kelurahan atau kecamatan dan menggunakan jasa notaris untuk membantu menyelesaikan kepengurusan dokumen rumah.

Menyiapkan Budget Tambahan

Baik membeli rumah secara tunai ataupun kredit, sebaiknya kamu tetap menyisihkan budget tambahan diluar dari biaya pembelian rumah atau pembayaran DP. Sebaiknya, kamu menyisihkan budget ekstra untuk membeli perabotan utama, alat elektronik hingga anggaran untuk perawatan dan dekorasi rumah. Jangan sampai, kamu hanya sekadar membeli rumah tanpa memikirkan isi dari rumah tersebut.