Menata ulang desain ruangan rumah minimalis sebaiknya kamu lakukan secara rutin. Selain memberikan nuansa baru yang lebih segar, tampilan desain ruangan rumah minimalis pun akan semakin trendi dan sedap dipandang jika kamu menempatkan perabotan dan dekorasi yang kekinian dan sesuai konsep hunian. Namun, ada banyak orang yang masih salah melakukan tata ulang desain ruangan rumah minimalis, seperti penggunaan perabotan yang berlebihan, penggunaan cat rumah yang terlalu ramai ataupun menempatkan dekorasi yang tak sesuai tempat.

Nah, untuk membantu kamu, Kania bakal membagikan tips dan trik untuk menata hunian desain ruangan rumah minimalis supaya lebih seimbang, estetik dan semakin nyaman untuk ditinggali. Apa saja tips tersebut?

Pemilihan Cat Desain Ruangan Rumah Minimalis

Pada desain ruangan rumah minimalis, pemilihan cat harus dilakukan secara tepat karena bisa menghilangkan estetika dari konsep minimalis yang ingin kamu usung. Sebaiknya, kamu jangan terlalu banyak menggunakan warna cat rumah yang mencolok dan memilih warna-warna netral seperti abu-abu atau putih.

Namun jika kamu bosan dengan penggunaan warna netral, kamu bisa menggunakan warna earthy tone pada desain ruangan rumah minimalis dengan palet warna seperti cokelat dan krem, atau memilih warna-warna pastel yang bisa menghidupkan suasana interior namun tidak terkesan berlebihan.

Penyimpanan Barang Pada Desain Ruangan Rumah Minimalis

Desain ruangan rumah minimalis memiliki ciri khas tersendiri: simpel dan tidak menggunakan banyak barang. Untuk itu, kamu sebaiknya mulai menata ulang desain ruangan rumah minimalis dengan menempatkan barang dan menyortir barang-barang yang sudah tidak digunakan sehingga terkesan lebih rapi dan tidak berantakan. Kamu bisa mencoba metode konmari. Untuk barang yang sudah tidak digunakan, baiknya kamu memasukannya ke dalam kotak penyimpanan dan tidak meletakannya secara sembarangan karena bisa membuat rumah terkesan kotor.   

Lighting Pada Desain Ruangan Rumah Minimalis

Kamu juga harus memperhatikan pencahayaan di dalam desain ruangan rumah minimalis. Selain membuat bukaan seperti desain jendela berukuran besar untuk memancarkan cahaya alami, kamu juga harus memperhatikan penggunaan lampu pada desain ruangan rumah minimalis karena dapat menciptakan ilusi seakan ruangan lebih luas dan memberikan kenyamanan lebih bagi para penghuni. So, segera perhatikan penempatan lighting di hunian kamu sehingga ruangan tidak terkesan sumpek dan gelap.

Perhatikan Hiasan Dinding Pada Desain Ruangan Rumah Minimalis

Penggunaan dekorasi di dinding seperti frame foto, lukisan atau jam dinding akan membuat desain ruangan rumah minimalis terlihat lebih kreatif dan estetik. Namun, apa jadinya jika kamu terlalu banyak memasang hiasan dinding? Pastinya, penggunaan dekorasi dinding yang berlebihan akan membuat tampilan interior terkesan berantakan. Untuk itu, batasi jumlah dekorasi dinding pada desain ruangan rumah minimalis dengan memilah dekorasi apa saja yang ingin kamu pamerkan!

Desain Perabot Sesuai Konsep Desain Ruangan Rumah Minimalis

Berlaku untuk kamu yang ingin mengganti perabotan lama dengan yang baru, sebaiknya kamu mulai memilah perabotan dengan ukuran, model dan desain yang tepat supaya sesuai dengan desain ruangan rumah minimalis yang ingin kamu tonjolkan.

Terkait model, pilihlah perabot yang sesuai dengan konsep desain ruangan rumah minimalis, seperti memilih perabotan dengan ukuran yang tidak terlalu besar sehingga tidak membuat ruangan terkesan sempit. Sementara untuk warna, kamu bisa mengadopsi perabotan dengan warna yang serasi dengan dinding atau menggunakan warna sesuai tema dekorasi misalnya Skandinavia yang umumnya didominasi oleh warna putih.

Kombinasikan Unsur Natural di Hunian

Umumnya, desain ruangan rumah minimalis terkesan kaku dan dingin. Namun, kamu bisa mengkombinasikan nuansa natural dengan menambahkan tanaman hias seperti sukulen atau kaktus supaya terkesan lebih segar dan hangat. Jika tertarik menambahkan tanaman, jangan lupa untuk selalu merawatnya, ya!