Mungkin untuk saat ini wallpaper dinding belum banyak di konsumsi sebagai pelengkap rumah anda, wallpaper dinding adalah suatu lembaran/gulungan yang bentuknya hampir seperti kertas, wallpaper bukan berlapiskan kertas saja, memang wallpaper dinding ada juga hanya berbentuk mirip kertas, tapi biasanya wallpaper dinding yang setipis kertas itu harganya sangat murah, dan kualitasnya juga tetunya sangat tidak bagus. Sebenarnnya di wallpaper ada banyak lapisan bukan hanya berlapiskan kertas, ini tergantung pada wallpapernya, ada yang berlapiskan vinyl hanya di bagian dalamnya saja, ada juga wallpaper yang lapisan vinylnya ditengah, dan ada juga berlapiskan vinyl di bagian luar dan dalam wallpapernya.

Biasanya wallpaper yang terdapat vinyl dibagian luar dalam wallpaper berbentuk sticker atau dalam pemasangannya tidak menggunakan lem lagi melainkan di bagian dalam wallpaper itu sudah ada lapisan stickernya jadi bisa langsung pasang, fungsi vinyl ini untuk melindungi wallpaper dari tembusan air dan ketahanan wallpaper pada cuaca, ataupun kotoran yang menempel di bagian luar wallpaper , yang wallpaper dinding berlapiskan vinyl diluar kalau ada kotoran bisa dibersihkan memakai busa berair ,wallpaper tidak akan rusak karena wallpaper dinding itu sudah berlapiskan Vinyl. Untuk ketebalan wallpaper berbeda-beda tergantung pada merek wallpaper dan motif wallpaper itu sendiri.

Berikut beberapa fungsi dari wallpaper rumah:

Mempercantik ruangan

Wallpaper yang terdiri dari beragam warna, gambar karakter hingga beragam motif dapat menjadi salah satu pilihan bagi anda untuk mempercantik ruangan. Dengan pemilihan yang sesuai selera anda disertai dengan penataan furniture dan perabot yang eye catching ruangan anda akan semakin cantik.

Menutupi kekurangan dinding

Pemasangan wallpaper juga dapat menjadi salah satu cara untuk menutupi kekurangan dinding anda. Dinding anda mungkin sudah lama, catnya mulai mengelupas. Atau mungkin terdapat tembelan pada dinding anda yang warnanya tidak senada dengan warna dinding yang lain. Anda dapat memasang wallpaper di bagian dinding tersebut untuk menutupinya.

Menutupi kerusakan dinding

Jika anda tinggal di daerah yang kelembapan udaranya tinggi, kemungkinan besar beberapa dinding tembok anda rusak yang diakibatkan lumut. Salah satu cara untuk mengatasi dinding tembok yang lembab dan berjamur adalah dengan menggunakan Cat Tembok Anti Lembab dan Jamur, atau anda dapat mengaplikasikan wallpaper pada dinding anda. Wallpaper akan menutupi dinding tembok tersebut dengan sempurna dan yang terlihat nantinya hanyalah warna dan motif wallpaper yang anda pasang.

Menutupi keretakan dinding

Beragam bahaya yang bisa timbul dari dinding retak. Jika anda sudah menambalnya, hasil tambalan tentunya akan terlihat kurang menarik dilihat. Untuk menutupi hasil tambalan yang kurang menarik tersebut, Cara mengatasi tembok retak adalah dengan menggunakan wallpaper sehingga tampilan tembok anda akan menjadi cantik.

Menutupi dinding yang bergelombang

Jika anda melakukan renovasi rumah, dimana sebagian bangunan lama tetap anda pertahankan dan sebagian lainnya anda ganti dengan mendirikan tembok yang baru, biasanya ketebalan tembok yang lama dengan tembok yang baru akan terlihat sedikit berbeda mulai dari tempat dinding menyambung hingga ketebalan tembok antara tembok yang lama dengan tembok yang baru. Anda dapat menyiasati dengan mengaplikasikan wallpaper.

Mempercepat dekorasi rumah

Dekorasi rumah selalu memakan waktu yang lama, beragam perbaikan membutuhkan banyak waktu untuk menyelesaikannya. Pemasangan wallpaper dapat menjadi pilihan dibandingkan dengan mengecat ulang tembok rumah anda. Bandingkan saja, mengecat memerlukan pengamplasan agar hasil car benar-benar terlihat halus. Belum lagi pengaplikasian cat terkadang diperlukan beberapa lapisan agar warna cat benar-benar terlihat sesuai keinginan si pemilik rumah. Sedangkan dengan pemasangan wallpaper anda hanya cukup membersihkan dinding dan menempelkan wallpaper maka dinding anda sudah terlihat cantik.