Motif yang beragam dan bisa mempercantik ruangan merupakan salah satu alasan banyak orang yang memilih menggunakan wallpaper dinding kamar. Apalagi wallpaper dinding kamar biasanya bisa bertahan hingga 10 tahun. Namun, seringkali meski baru beberapa tahun, banyak wallpaper dinding kamar yang sudah terlihat kusam. Untuk menghindarinya, wallpaper dinding kamar harus rutin dibersihkan. Terutama debu yang menempel di permukaan wallpaper. Kalau dibiarkan ruangan bisa terlihat kusam. Alih-alih memiliki dinding cantik berbalut wallpaper, dinding kamaru justru bisa berubah menjadi jelek jika tidak dirawat dengan benar. Perawatan wallpaper dinding kamar pun juga harus memperhatikan jenis material dan noda yang ada. Nah, berikut Kania ulas trik rahasia supaya wallpaper dinding kamar lebih awet.

1. Perhatikan proses pemasangan wallpaper dinding kamar

Merawat wallpaper dinding kamar harus kamu lakukan dari awal saat proses pemasangannya. Meski terkesan mudah, ada baiknya kamu menyerahkan proses pemasangan pada ahlinya. Kamu bisa meminta bantuan kepada penjual wallpaper dinding kamar. Biasanya, para penjual wallpaper dinding kamar sekaligus menyediakan jasa pemasangannya.

2. Mengecek kondisi kelembapan dinding

Salah satu poin penting supaya wallpaper dinding kamar awet adalah memperhatikan kondisi dindingnya. Hindari memasang wallpaper dinding kamar pada dinding yang lembap. Kandungan air dari dinding yang lembap akan membuat wallpaper dinding kamar cepat rusak. Cara terbaik untuk membuat wallpaper dinding tetap tetap awet adalah dengan memperbaiki kelembapan dinding. Kamu bisa mengakalinya dengan melapisi dinding memakai cat khusus anti-lembap Sebelum memasang wallpaper, kamu juga perlu membersihkan permukaan dinding dari debu, kotoran, dan lapisan cat. Untuk dinding baru, kamu harus memastikan terlebih dahulu apakah dinding dalam keadaan benar-benar kering.

3. Perhatikan permukaan dinding yang akan dipasangi wallpaper

Selain mengontrol kondisi kelembapan dinding, mengecek permukaan dinding juga harus dilakukan sebelum memasang wallpaper dinding kamar. Carilah permukaan yang halus dan rata, karena semakin halus permukaan dinding, maka semakin rekat wallpaper dinding kamar menempel. Jika proses ini tidak kamu perhatikan dengan seksama, bukan tidak mungkin wallpaper dinding kamarmu justru akan cepat rusak hanya dalam waktu singkat. Nggak mau hal ini terjadi kan?

4. Proses pengeleman wallpaper dinding kamar harus merata

Selain memperhatikan kondisi dinding, saat proses pengeleman wallpaper dinding kamar juga dilakukan dengan benar. Pengeleman wallpaper dinding kamar harus merata.  Jika tidak, wallpaper dinding kamar tidak rapi dan menggelembung. Kondisi ini tidak hanya merusak keindahan, tapi juga menyebabkan wallpaper dinding kamar cepat rusak. Jika ingin mengganti wallpaper dinding lama dengan yang baru, jangan menumpuknya. Kamu harus melepaskan wallpaper dinding kamar lama terlebih dahulu, kemudian menggantinya dengan yang baru.

5. Rajin usir debu pada wallpaper dinding kamar dengan kemoceng

Dimanapun tempatnya, debu tentu sangat mengganggu. Salah satunya adalah debu yang menempel pada wallpaper dinding kamar. Untuk mengusir debu, kamu bisa menggunakan lap kemoceng yang berstruktur swiffer atau kain elektrostatik kering agar debu yang menempel mudah terangkat. Saat membersihkan debu pada wallpaper dinding kamar, lakukan dengan gerakan memutar searah jarum jam. Hal ini agar debu yang menempel pada wallpaper dinding kamar benar-benar hilang.

6. Membasmi noda membandel pada wallpaper dinding kamar dengan jeruk nipis

Sudah tahu kan kalau jeruk nipis memang dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang memiliki sejuta manfaat untuk urusan rumah? Salah satunya adalah untuk merawat wallpaper dinding kamar. Ketika wallpaper dinding kamarmu terkena percikan noda, kamu bisa menggunakan sedikit perasan jeruk nipis untuk membersihkannya.

Caranya adalah dengan memeras jeruk nipis, kemudian masukkan air perasan ke dalam air hangat. Gunakan air campuran ini dengan menggosokkannya pada wallpaper dinding kamar dengan menggunakan spons lembut. Diamkan beberapa saat, kemudian lap bekas gosokan spons memakai kain halus kering. Khusus wallpaper dinding kamar berbahan kain, kamu dapat menggunakan sikat dengan perasan air hangat dan jeruk nipis.

7. Cara merawat wallpaper dinding kamar berbahan kertas

Wallpaper dinding kamar dari bahan kertas ini merupakan salah satu yang paling populer digunakan orang-orang. Untuk wallpaper dinding kamar berbahan kertas, kamu harus melakukan perawatannya dengan hati-hati karena bahan kertas cukup rapuh. Kamu bisa membersihkan permukaan wallpaper dinding kamar ini memakai lap kering. Untuk menjangkau tempat-tempat tinggi, kamu dapat menggunakan sapu yang dibalut dengan kain atau kaos bekas pakai sebagai alternatif.

8. Membersihkan wallpaper dengan air hangat dan sabun khusus

Campuran air hangat dan sabun khusus sangat cocok untuk membersihkan wallpaper dinding kamar tahan air berbahan vinyl atau akrilik. Wallpaper dinding kamar jenis ini dapat dicuci dengan air hangat, sabun ringan, dan kemudian menyekanya dengan kain kapas atau spons lembut.

Perlu diketahui, wallpaper yang dilapisi vinyl memiliki lapisan akrilik di atas permukaannya sehingga cukup tahan terhadap noda minyak, suhu lembab, dan lebih toleran dalam proses pembersihan. Kamu harus menghindari penggunaan alat pembersih abrasif, spons kasar, atau batu apung karena akan menyobek lapisan vinyl wallpaper dinding kamar ini.

Pada beberapa jenis wallpaper dinding kamar, ada yang diberi bahan pengisi untuk member efek tebal dan empuk. Khusus wallpaper dinding kamar jenis ini, proses membersihkannya harus secara perlahan dan hati-hati, alatnya juga tidak boleh kasar dan tajam. Sebagai sentuhan akhir saat membersihkan wallpaper dinding kamar, kamu dapat menggunakan dry cleaning untuk mengeringkan dengan segera wallpaper dinding kamar ini.

Cara merawat wallpaper dinding kamar berbahan anyaman serat

Dibanding wallpaper dinding kamar berbahan kertas, wallpaper dari anyaman-anyaman terbilang cukup sulit dalam perawatannya. Hal ini karena wallpaper dinding kamar jenis ini memiliki celah kecil yang mudah menyimpan debu. Oleh sebab itu, wallpaper dinding kamar jenis ini harus sering-sering dibersihkan. Beberapa jenis serat dapat dibersihkan dengan menggunakan lap yang lembab.

Cara merawat dinding kamar berbahan kain

Cara merawat wallpaper dinding kamar berbahan kain sebenarnya sama seperti dengan cara membersihkan sofa atau karpet, yakni dengan cara menggunakan bantuan vacuum cleaner. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan sikat untuk membersihkannya. Noda yang sulit dibersihkan dapat diatasi dengan cara disikat. 

Tambahkan sedikit air hangat agar kotoran mudah terangkat. Bila noda masih menempel, mungkin noda tersebut mengandung minyak, cobalah mencampur air hangat dengan sedikit sabun. Sikat dengan lembut agar tidak merusak permukaan wallpaper dinding kamar atau membuat serat-seratnya tercabut. Pilihlah sikat yang berbulus halus. Nah, sekarang kamu jadi tahu bagaimana caranya merawat wallpaper dinding kamar. Bukan cuma pilihan furniture saja yang harus diperhatikan supaya kamarmu selalu terlihat cantik.

 

Source : Dekoruma